Jurusan Kehutanan adalah jurusan yang mempelajarai ilmu secara komprehensif. Ilmu yang dipelajari berupa fungsi dan penggunaan dari berbagai macam ekosistem hutan. Seperti keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, lulusan jurusan Kehutanan juga dulunya belajar tantang bagaimana memanfaatkan hasil hutan dengan syarat tidak merusak ekosistem hutan itu sendiri. Uniknya, di dalam jurusan kehutanan tidak hanya mempelajari ilmu biologi atau ekosistem makhluk hidup saja, melainkan juga membahas pelajaran fisika.

Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan mendaki dan menjelajah hutan. Apalagi jika mempunyai kepedulian terhadap kegiatan pelestarian hutan, tentu akan menjadi nilai plus untuk diri Anda.

Di Indonesia, jurusan Kehutanan seringkali dianggap remeh, padahal kenyatannya jurusan ini mempunyai banyak lowongan pekerjaan yang bisa dicoba. Lowongan pekerjaan itu bisa berasal dari bermacam-macam daerah, termasuk salah satunya Kota Bandung yang juga mempunyai kawasan hutan lindung.

Lalu sebenarnya apa saja loker Bandung untuk jurusan Kehutanan? Yuk simak ulasannya berikut ini :

#1 Bidang Pemetaan Hutan

Seseorang yang bekerja dalam bidang pemetaan hutan mempunyai tugas untuk melakukan pemetaan lahan yang nantinya akan dibatasi menjadi hutan lindung atau hutan produksi atau hutan lainnya. Dalam prosesnya, pemetaan hutan dapat dilakukan melihat dari persebaran tumbuhan dari setiap klasifikasinya yang tumbuh di hutan tersebut. Seseorang yang bekerja di bidang pemetaan hutan, bisa mendapatkan penghasilan dengan kisaran 4-6 juta dalam sebulan.

#2 Peneliti

Lowongan kerja untuk jurusan Kehutanan berikutnya adalah menjadi peneliti. Profesi ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan penelitian, apalagi kaitannya masih sangat erat dengan dunia akademis. Karena tujuannya untuk meneliti segala sesuatu yang ada di hutan, maka kemungkinan besar Anda akan selalu melakukan perjalanan di dalam hutan.

Nantinya, hasil penelitian Anda yang sudah selesai itu bisa dijadikan sumbangan berbentuk ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat khususnya di bidang Kehutanan. Seorang peneliti hutan bisa mendapatkan penghasilan bulanan dengan kisaran 4-7 juta perbulan.

#3 Ahli Konservasi Hutan

Ahli konservasi hutan adalah sebutan bagi orang-orang yang bekerja dengan tugas menjaga hutan beserta semua makhluk hidup yang ada di dalamnya. Untuk bisa menjadi ahli konservasi hutan, Anda bisa bergabung dengan perusahaan yang aktif dalam aktivitas konservasi hutan.

Anda juga bisa bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang aktif dalam melakukan seruan kampanye hal tersebut. Seorang ahli konservasi hutan bisa mendapatkan penghasilan dalam sebulan dengan kisaran 3 hingga 5 jutaan.

#4 Pegawai Instansi Pemerintah

Masih banyak yang tidak mengetahui bahwa jurusan Kehutanan juga bisa menjadi seorang pegawai instansi pemerintah alias PNS.
Lulusan dari jurusan kehutanan yang ingin menjadi pegawai pemerintah biasanya akan ditempatkan di instansi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain di kementrian, lulusan dari jurusan ini juga bisa bergabung dengan perusahaan BUMN, seperti di Perum Perhutani.
Dengan bergabungnya jurusan kehutanan di dalam instansi pemerintah, diharapkan dapat membuat solusi untuk mengatasi masalah hutan yang ada di Indonesia.

Rata-rata penghasilan yang didapatkan bisa mencapai kisaran 5 juga dalam sebulan. Namun penghasilan itu juga bisa berubah karena adanya faktor golongan dan masa pengabdian.

Nah itu dia lowongan kerja yang bisa Anda coba. Jadi, masih ragu dan meremehkan jurusan kehutanan gak nih?

Uwais

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *