Manfaat minyak ikan untuk kucing

8 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

Manfaat minyak ikan untuk kucing cukup banyak. Antara lain untuk kesehatan kulit, bulu, persendian, ginjal, jantung, dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan juga bisa membantu melawan penyakit serius seperti kanker dan tumor.

Kandungan Suplemen Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, seperti menyediakan struktur untuk membran sel dan menyediakan energi bagi tubuh. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial, artinya tubuh tidak dapat memproduksinya dan harus diperoleh dari makanan. Today’s Veterinary Practice juga mengatakan kucing tidak bisa memproduksi sendiri asam lemak ini.

Di pasaran sendiri produk minyak ikan untuk kucing cukup mudah ditemukan. Suplemen minyak ikan tersedia dalam bentuk pil atau cairan, memiliki dua jenis asam lemak omega-3 yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic (DHA).

EPA dan DHA bisa didapat dari ikan seperti salmon, sarden, kod, makarel, teri, herring, dan tuna albakora. Asam lemak unik ini bertindak sebagai sinyal dalam sel untuk mengurangi peradangan. Berkurangnya peradangan menyebabkan berkurangnya rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan di kulit, sendi, atau organ lainnya.

Asam lemak omega-3, khususnya DHA, juga mendorong perkembangan neuron. Asam lemak ini mempengaruhi pertumbuhan sel-sel syaraf.

8 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

  1. EPA berfungsi sebagai anti inflamasi (peradangan) dan dapat mengurangi peradangan misalnya karena alergi, juga mengurangi kulit gatal dan ketombe.
  2. Membuat bulu mengkilap dan sehat, mengurangi kerontokan bulu dan hairball.
  3. DHA penting untuk perkembangan otak dan mata pada anak kucing.
  4. Dalam beberapa penelitian minyak ikan diketahui memperlambat pertumbuhan kanker. Meskipun demikian diperlukan lebih banyak penelitian untuk hal ini.
  5. Memperlambat pertumbuhan tumor. DHA meningkatkan diferensiasi sel kanker, artinya sel tidak dapat terus membelah, dan tumor tidak dapat terus tumbuh.
  6. Untuk penyakit persendian. Penyakit ini sering diasosiasikan dengan peradangan dan berkurangnya mobilitas, EPA dan DHA bisa membantu meredakannya.
  7. Membantu mengurangi peradangan dan muscle loss (cachexia) yang terkait dengan penyakit jantung.
  8. Suplemen minyak ikan membantu mengurangi irama jantung abnormal, dan mengurangi kadar trigliserida, lemak yang bisa berbahaya jika dalam jumlah tinggi.

Pemberian Minyak Ikan Pada Kucing

Wajib untuk konsultasikan dulu pada dokter hewan sebelum memberi kucingmu minyak ikan. Hal ini untuk memastikan agar kucingmu menerima minyak ikan yang berkualitas dan dengan dosis yang tepat.

Tidak semua kucing cocok diberi suplemen minyak ikan, misalnya kucing yang pendarahan atau mempunyai gangguan pencernaan. Minyak ikan juga bukan obat ajaib yang mampu menyembuhkan segala penyakit. Setahu saya ia bersifat suplemen, jadi tindakan medis bagi kucing yang sakit masih diperlukan.

Meski tidak beracun untuk kucing, minyak ikan mempunyai efek samping. Yang paling umum adalah bau amis pada nafas atau kulit kucing.

Ada juga kucing yang perutnya menjadi tidak nyaman, kulitnya menjadi berminyak, atau kulitnya bersisik. Hubungi dokter hewan jika kucingmu mengalami efek samping ini ya.

Referensi:

  • https://www.petmd.com/news/view/what-are-benefits-fish-oil-dogs-and-cats-37853
  • https://www.petcarerx.com/article/fish-oil-for-dogs-and-cats-the-benefits-of-omega-3-for-pets/601
  • https://vetnutrition.tufts.edu/2018/06/should-i-give-fish-oil-to-my-pet/
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/fish-oil


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *