Taksonomi kucing

7 Tingkat Taksonomi Kucing Domestik

Fun

Taksonomi adalah ilmu pengelompokan makhluk hidup berdasarkan tingkatan tertentu. Kita sebagai cat lover tidak harus mengetahui taksonomi kucing. Tapi hal itu cukup menarik kok untuk diketahui.

Tingkatan taksonomi kucing domestik ada 7:

  1. Kingdom (kerajaan): Animalia
  2. Phylum (filum): Chordata
  3. Class (kelas): Mammalia
  4. Order (ordo): Carnivora
  5. Family (famili): Felidae
  6. Genus: Felis
  7. Species (spesies): catus

Yuk kita kupas sedikit lebih detil. Datanya saya ambil dari Sciencing.com.

Animalia

Semua binatang masuk ke dalam kingdom animalia. Kucing domestik juga binatang, jadi dia juga anggota dari kingdom animalia.

Salah satu ciri binatang adalah mereka tidak bisa membuat makanannya sendiri. Karena itu binatang dikaruniai kemampuan bergerak untuk mencari makanan.

Beda dengan tumbuhan, yang bisa memproduksi makanannya sendiri. Maka tumbuhan tidak punya kemampuan untuk bergerak (berpindah tempat).

Chordata

Karena mempunyai tulang punggung, kucing masuk menjadi anggota filum Chordata dengan sub filum Vertebrata. Masih ingat kan pelajaran biologi di sekolah kalau vertebrata itu hewan bertulang belakang?

Mammalia

Kenapa kucing termasuk kelas Mammalia? Karena dia mempunyai rambut (bulu), tiga tulang tengah telinga dan kelenjar susu yang menghasilkan susu untuk anak mereka. Kucing secara spesifik adalah mamalia plasenta yang memberi makan janinnya melalui plasenta di dalam rahim.

Carnivora

Kucing masuk ke dalam ordo Carnivora karena ia adalah pemakan daging. Ciri hewan karnivora adalah memiliki gigi taring yang besar, tiga pasang gigi seri dan gigi carnassial (gigi pemotong) yang tajam.

Hewan karnivora, menggunakan giginya, mampu mengiris dan merobek daging dengan baik. Ciri lainnya adalah rahang yang hanya bisa bergerak ke atas dan ke bawah, dan tidak bisa bergerak dari sisi ke sisi. Kucing sendiri adalah hewan karnivora sejati, makanannya hampir semuanya adalah daging.

Felidae

Famili Felidae beranggotakan kucing domestik dan kucing liar. Ciri famili ini moncongnya pendek, mempunyai membran reflektif di atas mata sehingga penglihatannya bagus sekali.

Ciri lainnya adalah karakteristik hewan pemburu yaitu gesit, keseimbangannya bagus, dan mempunyai cakar yang bisa dikeluarkan dan dimasukkan seluruhnya atau sebagian.

Felis

Kucing domestik masuk ke genus Felis karena ukuran tubuhnya kecil. Meski demikian singa gunung, yang badannya lebih besar dibandingkan dengan leopard, juga diklasifikasikan sebagai kucing kecil.

Nah, ciri paling menonjol dari genus Felis adalah tidak bisa mengaum. Sedangkan kucing besar bisa mengaum.

Catus

Felis catus mencakup antara 40 hingga 55 kucing pure breed (beda asosiasi kucing beda juga jumlahnya), dan jumlah ini terus berubah ketika breed baru dikembangkan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *