Minyak zaitun untuk kucing

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kucing

Minyak zaitun dikenal luas bermanfaat bagi kesehatan. Banyak di antara kita yang mengonsumsinya sehari-hari. Tapi jika minyak zaitun bagus untuk manusia, apakah minyak zaitun untuk kucing bagus juga?

Ya, selain aman dikonsumsi oleh kucing (dalam jumlah yang tidak berlebihan), minyak zaitun mempunyai beberapa manfaat seperti berikut ini.

Pemberitahuan: Tulisan ini mempunyai link afiliasi, jika kamu membeli produk melalui link afiliasi di tulisan ini maka saya akan mendapatkan sedikit komisi penjualan. Terima kasih ya!

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kucing

Antioksidan yang Bagus

Minyak zaitun mengandung klorofil, vitamin E, dan polifenol. Ketiganya membantu meningkatkan kekebalan tubuh kucing, yang sangat ia butuhkan untuk memerangi kuman.

Membantu Menurunkan Berat Badan Kucing yang Obesitas

Minyak zaitun membantu pembakaran lemak yang lebih efisien dan meningkatkan metabolisme kucing. Ditambah lagi ia mengandung lemak tak jenuh tunggal. Sehingga minyak zaitun akan membantu memecah lemak yang disimpan dalam sel.

Mengatasi Hairball

Kucing suka grooming sendiri dengan cara menjilati bulunya. Sebagian bulu akan tertinggal di mulut dan kucing tidak bisa meludahkannya, maka mau tidak mau harus ditelan. Bulu-bulu itu akan dikeluarkan lagi melalui muntah atau buang air besar.

Disini minyak zaitun berperan melumasi usus kucing sehingga bulu yang kering itu akan lebih mudah melewati usus.

Menyembuhkan Sembelit

Minyak zaitun juga membantu merangsang gerakan usus. Sehingga feses akan menjadi lebih lembut namun bahkan bisa menjadi cair. Jadi jangan berlebihan memberikan minyak zaitun pada kucing.

Bagus Untuk Bulu dan Kulit

Minyak zaitun mempunyai sifat melembabkan yang baik. Sehingga ia bagus untuk kulit, juga untuk kilau dan kelembutan bulu kucing.

Kandungan beberapa lemak tak jenuh ganda, seperti asam linoleat, sangat penting untuk kesehatan kulit kucing agar lembut dan kenyal.

Mengurangi Peradangan

Tingginya jumlah asam lemak kaya omega dalam minyak zaitun, khususnya omega-3, bagus untuk meredakan peradangan. Asam lemak tak jenuh ganda meminimalkan rasa sakit dan pembengkakan yang terkait dengan kondisi peradangan kronis.

Obat Untuk Tungau Telinga

Jika ada tungau di telinganya kucing akan memukul telinganya, menggelengkan kepalanya atau menundukkan kepalanya ke satu sisi. Mungkin juga akan timbul bau busuk dari telinganya. Beberapa tetes minyak zaitun bisa digunakan untuk membersihkan tungau di telinga kucing.

Di Mana Beli Minyak Zaitun?

Extra virgin olive oilKamu bisa beli minyak zaitun di toko herbal terdekat, atau beli online di marketplace. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Bukalapak.

Di Bukalapak kamu bisa memilih beli di penjual minyak zaitun yang satu kota denganmu sehingga ongkos kirimnya lebih murah.

Beli di Bukalapak

Penting! Dosis Dan Lain-Lain

Minyak zaitun yang terbaik untuk kucingmu adalah extra virgin olive oil. Tingkat keasamannya lebih rendah dan tidak diproduksi dengan melibatkan bahan kimia, sehingga lebih aman untuk kucing.

Untuk dosisnya saya tidak menemukan rekomendasi yang pasti, tapi aturan terpenting adalah jangan memberikan dalam jumlah berlebihan pada kucing. Beri kucing dosis yang kecil dulu dan lihat reaksinya sebelum memutuskan untuk menambah dosisnya.

Ada yang mengatakan bahwa 1 sendok makan per hari adalah perkiraan dosis untuk kucing dengan sembelit. Sedangkan satu sendok teh per hari atu per tiga hari adalah dosis untuk menjaga kesehatan. Ada juga yang menyarankan dosis 3 kali seminggu sebanyak 1 sendok teh tiap pemberian.

Sebaiknya jangan memberikan minyak zaitun langsung pada kucing karena kucing kemungkinan besar tidak suka rasanya. Campurkan ke makanan kering atau basah kesukaannya.

Minyak zaitun bisa dibilang minim efek samping kecuali jika diberikan berlebihan. Yang akan bisa mengakibatkan kucing kulitnya terkena dehidrasi, kucing diare, atau kegemukan karena kalori minyak zaitun memang tinggi.

Untuk menghindari pemberian minyak zaitun yang berlebihan, cek makanan kucingmu. Beberapa makanan kucing sudah mengandung minyak zaitun.

Terakhir dan yang paling penting, tidak semua kucing membutuhkan minyak zaitun. Tulisan ini hanya untuk menambah informasi saja. Kamu tetap harus konsultasi dengan dokter hewan sebelum memberi kucingmu minyak zaitun, karena setiap kesalahan bisa menyebabkan kerusakan kesehatan permanen pada kucingmu.

Referensi:

  1. https://petsoverload.com/can-cats-have-olive-oil-is-it-safe-is-it-toxic/
  2. https://www.cuteness.com/article/oliveoil-cures-cats


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *