Cara menghilangkan bau kencing kucing

Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing

Kucing saya kencingnya di litter box, kecuali kalau saya terlupa membuang kotorannya yang terdahulu. Dia akan kencing di lantai, kasur, keset, atau di kaos yang saya geletakkan di lantai ketika gerah kerja di depan laptop.

Dari pengalaman itu saya jadi tahu bagaimana cara menghilangkan bau kencing kucing, yang saya bagikan di tulisan ini dilengkapi dengan hasil riset kecil-kecilan saya.

Bersihkan Kencing Kucing Sebersih dan Secepat Mungkin

Intinya adalah membersihkan kencing di tempat/benda yang terkena kencing sesegera dan sebersih mungkin. Semakin bersih maka semakin kecil pula bau kencing yang tertinggal, logikanya begitu. Juga semakin lama kencing kucing dibiarkan baunya akan semakin tidak enak.

Jika kucing saya kencing di lantai, saya bersihkan menggunakan kain perca dan saya pilih kain yang menyerap air. Pertama kencing saya lap dengan kain tujuannya menyingkirkan sebanyak mungkin kencing yang ada, lalu saya pel dengan kain yang dibasahi air. Tunggu sampai agak kering lalu saya pel lagi seperti itu dua kali.

Saya tunggu sampai benar-benar kering lalu saya pel menggunakan alat pel biasa. Kain bekas mengepel kencing kucing itu saya buang.

Jika kencingnya di kain atau keset maka sesegera mungkin saya bersihkan. Cuci dan bilas dengan air saja 3 kali, lalu cuci dengan air sabun dan dibilas seperti biasa kita mencuci.

Kucing saya juga pernah kencing di kasur. Sebisa mungkin air kencingnya saya serap menggunakan kain atau tisu, baru kasurnya dibersihkan/dicuci. Kalau untuk kasur sepertinya lebih enak menggunakan vacuum cleaner, tapi saya belum punya.

Gunakan Cuka Apel Untuk Kencing Kucing yang Sudah Mengering

Kuncing kecing baik yang masih basah maupun yang sudah kering, sama-sama baunya. Cuka adalah asam yang bagus untuk menetralkan garam alkali yang terbentuk dalam kencing kering. Campur satu bagian cuka dengan satu bagian air, untuk membersihkan kencing kering di lantai maupun dinding.

Cuka juga menimbulkan bau tapi tidak sekuat bau kencing kucing. Bau cuka akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan bau kencing kucing.

Tips Lainnya

Kencing kucing harus dibersihkan sebersih mungkin. Karena meski kita sudah tidak mencium bau yang tertinggal dan tampaknya sudah bersih, bisa jadi masih tertinggal bau yang tipis sekali dimana kucing bisa menciumnya. Jika bau masih ada, kucing akan cenderung kencing lagi di tempat yang sama.

Meminimalkan agar kucing tidak kencing sembarangan adalah pencegahan yang baik. Bersihkan litter box sehari 2 kali agar kucing nyaman menggunakannya. Tapi jika kucingmu masih saja kencing di luar litter box, bisa jadi ada kemungkinan gangguan kesehatan, bawa segera ke dokter hewan.

Sebenarnya ada cara lain menghilangkan bau kencing kucing seperti menggunakan baking soda atau pembersih khusus. Tapi saya kurang informasi tentang itu. Maka kalau kamu punya tips tambahan saya senang sekali jika kamu mau membagikannya di komentar, nanti akan saya tambahkan ke tulisan ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap