Mitos kucing hitam

Fakta dan Mitos Kucing Hitam

Fun

Kucing hitam sepertinya kucing yang paling banyak dikaitkan dengan mitos. Saya dulu menyangka mitosnya hanya berkaitan dengan hal yang buruk. Ternyata tidak, mitos kucing hitam yang baik juga ada.

Saya mengumpulkan beberapa mitos kucing hitam yang beredar di dunia juga di Indonesia. Bukan untuk dipercaya, sekedar sebagai bahan bacaan hiburan di waktu senggang.

Mitos Kucing Hitam yang Buruk

Mulai di abad pertengahan Eropa (sekitar 1100 sampai 1453), kucing hitam dikaitkan dengan setan dan penyihir. Bahkan ada yang mempercayai penyihir bisa merubah dirinya menjadi kucing hitam. Kepercayaan-kepercayaan itu mengakibatkan pembunuhan masal kucing hitam, dan kadang pemiliknya juga dibunuh.

Kabarnya di luar negeri sana, ada pihak-pihak tertentu yang mengorbankan kucing hitam setiap bulan Oktober. Itulah sebabnya banyak animal shelter yang tidak mau memberikan kucing hitam untuk diadopsi selama bulan Oktober.

Bajak laut menganggap kucing hitam sebagai pembawa sial. Menurut mereka jika kucing hitam berjalan mendekatimu itu adalah kesialan, jika kucing hitam menjauhimu itu adalah keberuntungan. Jika kucing hitam naik ke kapal lalu melompat kembali ke luar, dipercaya kapal itu akan tenggelam.

Mitos Baik Kucing Hitam

Orang Skotlandia percaya kalau ada kucing hitam di depan pintu rumah maka kemakmuran akan datang. Orang Inggris dan Irlandia percaya kalau kucing hitam menyilang jalanmu maka itu tanda keberuntungan.

Di Jepang ada mitos wanita jomblo/single yang memelihara kucing hitam akan makin banyak dilamar orang. Orang Jerman menganggap kalau kucing hitam menyilang jalan dari kanan ke kiri, tandanya bakal ada hal-hal baik yang akan terjadi.

Pelaut Inggris percaya kehadiran kucing hitam di kapal akan membawa keberuntungan dan memastikan mereka pulang kembali dengan aman. Memberikan kucing hitam sebagai hadiah pernikahan, oleh orang Inggris dipercaya akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi pengantin perempuan.

Asal Mitos Kucing Hitam

Mitos kucing hitam dalam budaya barat diperkirakan berasal dari mitos Yunani kuno. Menurut mitologi Yunani, Hera istri Zeus mengubah pelayannya, Galinthias, menjadi kucing hitam. Hal itu sebagai hukuman karena menghalangi kelahiran Hercules.

Galinthias si kucing kemudian menjadi pembantu Hecate, dewi sihir. Kemungkinan sejak itulah berkembang mitos kucing hitam dalam berbagai budaya barat.

Kucing Hitam di Budaya Jawa

Orang Jawa mengenal ilmu katuranggan, yaitu penjabaran watak suatu benda/binatang/manusia. Untuk katuranggan kucing ada buku bernama Serat Katuranggan Kucing cetakan Semarang tahun 1871.

Selain itu ada buku berjudul Serat Ngalamating Kucing, keluaran Yogyakarta. Terdiri dari 24 bait ditulis dalam aksara Jawa. Berikut ini terjemahan isi buku katuranggan/ngalamat kucing terkait dengan kucing hitam.

  1. Kucing hitam yang punya bercak putih di perut kirinya disebut wulan krahinan (bulan kesiangan). Memelihara kucing ini bisa membuat semua keinginan tercapai, apalagi jika ekornya bundel.
  2. Memelihara kucing lurik hitam membuat kita sering bertengkar dan jauh rejekinya. Tapi jika ekornya bundel tidak mengapa.
  3. Kucing hitam berekor panjang jika dipelihara mengakibatkan pemiliknya akan muntah darah. Tapi aman jika ekornya bundel.
  4. Kucing hitam dengan belang putih di kepala dan mulut bisa membawa musibah dan menyebabkan keinginan tertunda.
  5. Kucing hitam yang keempat kakinya belang putih, jika dipelihara mendatangkan bahagia dan rejeki.

Beberapa Fakta Tentang Kucing Hitam

Dibalik segala mitos yang kadang menyedihkan, ternyata secara alami kucing hitam mempunyai kelebihan tersendiri. Mutasi yang menyebabkan bulu kucing menjadi hitam ternyata berada dalam famili genetik yang sama dengan gen yang memberi manusia resistensi terhadap penyakit seperti HIV. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa warna hitam itu mungkin berkaitan dengan resistensi terhadap penyakit.

Di kafe kucing Nekobiyaka, Himeji, Jepang, kucing hitam mendapat tempat istimewa. Semua kucing yang ada di kafe ini warnanya hitam. Untuk membedakan satu dengan yang lain, tiap kucing dipakaikan bandana dengan warna yang berbeda.

Jika kucing hitam sehari-hari berjemur di bawah sinar matahari, warna bulunya bisa menjadi kecoklatan. Karena sinar matahari memecah pigmen di bulu mereka sehingga warnanya berubah.

Nah, kalau di daerahmu mitos kucing hitam apa saja yang ada?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *