The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Antibiotik Untuk Kucing Tidak Boleh Sembarangan Diberikan

Antibiotik untuk kucing adalah obat yang mungkin diberikan dokter hewan ketika kucing terkena infeksi bakteri, atau untuk mencegah infeksi bakteri pada kondisi tertentu misalnya saat operasi. Antibiotik dengan penggunaan yang tepat bisa efektif terhadap bakteri, yaitu membunuhnya dan menghentikan penyebarannya.

Penggunaan Antibiotik Kucing Harus Di Bawah Pengawasan Dokter Hewan

“Antibiotik merupakan daftar obat yang penggunaannya harus di bawah pengawasan, termasuk untuk kucing harus di bawah pengawasan dokter hewan. Jadi tidak dijual bebas,” kata Drh Afif Yuda Kusumah dari klinik hewan Anugerah Satwa saat dihubungi Fanicat.com via WhatsApp. “Namun untuk pengadaan antibiotik, setiap praktik dokter hewan atau klinik hewan memiliki cara penyediaan yang berbeda. Ada yang telah menyediakan obat dan ada yang menulis resep saja.”

Pemberian obat-obatan untuk kucing tidak boleh dilakukan sembarangan, harus sesuai petunjuk dokter hewan. Baik itu painkiller, anti inflamasi, dan lainnya termasuk antibiotik. Karena dokter hewan yang tahu apakah kucing memang butuh antibiotik atau tidak juga jenis antibiotik yang tepat, dosisnya, dan sebagainya.

Apalagi resistensi antibiotik saat ini menjadi masalah serius di dunia. Resistensi antibiotik adalah kondisi saat bakteri menjadi kebal sehingga tidak dapat dibunuh menggunakan antibiotik.

Penyebab resistensi ini yang saya tahu di antaranya karena penggunaan antibiotik secara berlebihan, sembarangan, dan ketidapatuhan terhadap petunjuk dokter. Akibatnya bakteri beradaptasi sehingga lebih kuat terhadap antibiotik.

Drh Afif menambahkan, “Pemberian antibiotik pada hewan tanpa petunjuk dokter hewan dan tidak sesuai peruntukan akan membahayakan hewan penggunanya. Karena kerja obat bisa mengganggu fungsi organ-organ di tubuh hewan seperti hati dan ginjal. Itu untuk efek individualnya, efek lainnya akan terjadi residu di lingkungan yang berujung pada resistensi bakteri.”

Antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter harus dipatuhi pemberiannya. Setahu saya antibiotik ini harus dihabiskan meskipun keadaan kucing sudah membaik. Penghentian pemberian antibiotik lebih awal dikhawatirkan akan membuat bakteri resisten.

Peran pemilik kucing sangat penting karena kadang ada kucing yang sulit untuk diobati. Misalnya sulit disuruh minum obat, ditetes telinganya, dll. Pemilik kucing harus memastikan antibiotik diberikan dengan benar baik dosis, frekuensi maupun jangka waktunya sesuai petunjuk dokter hewan.

Bagaimana Jika Terlewat/Lupa Memberi Dosis Antibiotik?

Drh Afif mengatakan bila dosis antibiotik terlewat, misal pagi hari lupa memberi antibiotik, bisa langsung diberikan begitu teringat jika terlambatnya hanya 4 atau 5 jam.

Tetapi jika terlewatnya 24 jam maka lewati saja dosis yang terlupa. Jangan diberi double dosis atau terlalu pendek jarak pemberian obatnya, karena interval setiap jenis obat berbeda-beda, bergantung metabolisme obat dan kerja obatnya. “Bisa tetap dilanjutkan obatnya karena konsentrasi antibiotik di dalam plasma darah masih tinggi (MIC/minimum inhibition concentration),” kata Drh Afif.

Lalu jika tidak sengaja memberi dosis 2 kali lipat pada kucing sebaiknya langsung hubungi dokter hewan. “Bila obatnya golongan nephrotoxic seperti enrofloxacin atau ciprofloxacin, sebaiknya lakukan pemeriksaan kimia darah untuk fungsi hati dan ginjal,” jelas Drh Afif.

Dapatkah Kucing Menggunakan Antibiotik Manusia?

Banyak kesamaan bahan antara antibiotik untuk kucing dan yang untuk manusia. Pada prinsipnya boleh saja digunakan tapi harus di bawah petunjuk dokter hewan, karena berbeda dosis dan intervalnya.

Kesimpulannya antibiotik harus diberikan di bawah pengawasan dokter hewan. Kita sebagai cat owner tidak boleh memberikannya tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan.

Saya sendiri menganggap dokter hewan adalah teman terbaik bagi pemilik kucing. Kita mungkin yang paling tahu karakter dan kebiasaan kucing kita, tapi dokter hewanlah yang lebih tahu tentang kesehatan kucing kita.

Alamat Klinik Anugerah Satwa

Bagi kamu yang tinggal di Tangerang saya merekomendasikan klinik hewan Anugerah Satwa untuk pengobatan dan perawatan kucingmu. Kliniknya cukup lengkap mempunyai ruang operasi, ruang periksa, ruang rawat inap, USG, X ray dan laboratorium. Juga mempunyai pet shop, menyediakan jasa grooming dan penitipan hewan.

Anugerah Satwa BSD
Jl Ciater Barat Raya No 64 BSD
Telp 021 75884407 atau 021 75884408
Hp 083807494188

Anugerah Satwa Gading Serpong
Ruko Tematik Blok N No 7 Pasar Modern Paramount Gading Serpong
Tlp 021 29324397 atau 021 29324398
Hp 085755817637

Anugerah Satwa Citra Raya
Ruko Sentra Niaga Blok T18 No 29 Jl Boulevard Citra Raya Kabupaten Tangerang
Hp 081390090040

Follow juga akun instagramnya di @anugerahsatwabsd @anugerahsatwagadingserpong dan @anugerahsatwacitraraya

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.