Cara mengeringkan kucing tanpa hairdryer dan blower

Cara Mengeringkan Kucing Tanpa Hairdryer dan Blower

Bagaimana cara mengeringkan kucing tanpa hairdryer atau blower? Pertanyaan itu mampir di kepala saya saat awal-awal memelihara Fani kucing saya.

Ada beberapa kondisi kita (saya) harus memandikan kucing sendiri sedangkan tidak punya alat pengering, kondisi itu misalnya:

  1. Sedang tidak punya uang untuk membayar jasa memandikan kucing. Ini bisa terjadi misal pas telat gajian atau uangnya terlanjur terpakai buat hal lain.
  2. Kucing kita tiba-tiba kena kotoran dan harus dimandikan saat itu juga.
  3. Sulit mendapatkan jasa memandikan kucing. Saya pernah tinggal di kota dimana di sana dan sekitarnya tidak ada jasa grooming kucing.

Setelah mencari tahu sana-sini saya mendapatkan beberapa tipis mengeringkan kucing setelah dimandikan tanpa hairdyer atau blower. Tips ini hasil riset pribadi saya yang bukan ahli kucing, jadi bisa saja ada kesalahan.

Mengeringkan kucing tanpa alat pengering yang baik seharusnya juga hanya dilakukan ketika saat kepepet saja. Seorang dokter hewan pernah bilang saat Fani dibawa ke klinik. Sebaiknya kucing terutama yang berbulu panjang setelah dimandikan dikeringkan dengan blower, bahkan hairdryer saja tidak cukup, agar kucing benar-benar kering dan terbebas dari potensi jamur.

Tapi bagaimana lagi jika keadaan tidak memungkinan. Daripada membiarkan kucing tetap kotor, menurut saya lebih baik dimandikan dan dikeringkan sendiri dengan tips berikut ini.

Gunakan Handuk Besar

Bungkus tubuh kucing dengan handuk besar lalu biarkan beberapa saat di tempat yang hangat. Misalnya di tempat yang terkena sinar matahari.

Lihat video ini:

Agar benar-benar kering kamu bisa membuka handuknya, masukkan kucing ke kandang lalu jemur di bawah sinar matahari. Jangan lama-lama, mungkin maksimal 1 jam saja. Jika mataharinya terlalu terik, beri pelindung seperti payung atau letakkan kandang di bawah pepohonan.

Kalau bisa gunakan handuk/kanebo khusus kucing karena daya serap airnya lebih tinggi dibanding handuk biasa.

Perhatikan Cuaca

Jika tidak punya hairdryer atau blower sebaiknya hindari memandikan kucing saat cuaca dingin, mendung, atau hujan. Meskipun kamu memandikan menggunakan air hangat tapi setelah mandi kucing bisa kedinginan jika tidak segera kering bulunya.

Kecuali kamu punya ruangan yang hangat, misalnya ruangan dengan penghangat baik mesin penghangat maupun perapian. Tapi itu kan jarang sekali dijumpai di rumah-rumah Indonesia kan? Jika kebetulan kamu punya penghangat ruangan, setelah mandi dan diberi handuk sementara di luar mendung, letakkan kucingmu di ruang hangat itu.

Gunakan Tisu Basah Khusus Kucing

Ini menurut saya alternatif yang baik, karena dengan menggunakan tisu maka bulu kucing akan dengan mudah cepat kering. Jangan gunakan tisu basah yang untuk manusia ya, karena takutnya tidak cocok untuk kucing.

Tisu basah khusus kucing didesain untuk membersihkan/memandikan kucing tanpa air. Tisu ini juga bagus untuk keperluan sehari-hari, untuk membersihkan bagian tubuh kucing yang kotor sehabis ia bermain atau beraktivitas lainnya. Tapi ada yang bilang agar jangan terlalu sering mengaplikasikan tisu basah pada kucing.

Saat membeli tisu basah kucing, baca bahan-bahan pembuatnya ya, bagusnya pilih yang berbahan alami tanpa kandungan bahan yang buruk bagi kucing. Jika kucingmu belum pernah memakai tisu basah, coba dulu bersihkan sebagian kecil tubuhnya untuk melihat apakah dia alergi atau tidak.

Rekomendasi Produk

Handuk khusus kucing Handuk/Kanebo Khusus Kucing Beli/Cek Harga Disini
Tisu basah kucing Tisu Basah Khusus Kucing Beli/Cek Harga Disini

Kalau kamu punya tips mengeringkan kucing tanpa alat pengering, bagi dong ya di komentar. Juga barangkali ada tips di atas yang salah, tolong ingatkan saya ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap