Grooming kucing

Panduan Lumayan Lengkap Grooming Kucing

Grooming kucing bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu, kulit, juga bagian lain tubuh kucing seperti telinga, mata, hidung, kuku, gigi, hingga telapak kaki.

Grooming kucing yang lengkap meliputi:

  1. Menyisir/menyikat bulu.
  2. Memandikan.
  3. Membersihkan telinga.
  4. Membersihkan sekitar mata dan hidung.
  5. Memotong kuku.
  6. Membersihkan gigi.

Manfaat Grooming

Kucing setiap hari menghabiskan cukup banyak waktunya untuk melakukan grooming sendiri. Dengan lidahnya yang kasar ia menjilati bulunya untuk membersihkan kotoran seperti kulit mati, mengambil bulu yang rontok, dan mengurai bulu yang kusut. Kucing juga mencuci mukanya dengan cara menjilati kakinya lalu mengusapkan kaki itu ke wajahnya.

Meski demikian kucing tetap membutuhkan bantuan manusia agar grooming-nya maksimal. Ada bulu-bulu kusut yang tida bisa terurai hanya dengan dijilati. Atau kotoran dan bau yang harus dibantu untuk membersihannya dengan tuntas.

Melakukan grooming pada kucing mempunyai beberapa manfaat:

  • Membangun ikatan antara kamu dan kucingmu.
  • Bisa sambil mengecek kondisi kucing apakah ada luka, bengkak, cedera, atau kutu. Apakah berat badannya berlebih atau malah kurang/kurus.
  • Mengurangi bulu rontok di tubuh kucing yang imbasnya juga akan mengurangi hairball.
  • Menjaga kesehatan bulu dan kulit.
  • Menjaga keindahan bulu.
  • Bermanfaat bagi kesehatan kucing secara umum.

Seberapa Sering Melakukan Grooming

  • Longhair idealnya disikat atau disisir setiap hari, karena bulunya lebih gampang kusut.
  • Semi longhair disikat bulunya seminggu sekali sudah cukup, atau kalau memang perlu bisa seminggu dua kali.
  • Shorthair juga cukup seminggu sekali disikat bulunya.
  • Kucing berbulu keriting seperti Cornish Rex, Devon Rex, LaPerm, dan Selkirk Rex lebih membutuhkan mandi daripada disisir/disikat. Penyikatan bulu yang berlebihan justru malah bisa merusak penampilan kucing.
  • Hairless seperti Sphynx, Donskoy dan lainnya mempunyai bulu halus yang tipis sekali. Kulitnya cenderung berminyak karena bulunya tidak menyerap minyak yng keluar dari kulit. Maka mandi teratur dibutuhkan untuk mencegah penumpukan minyak di kulit.
  • Mata, telinga, hidung dibersihkan jika kotor saja.
  • Kuku perlu dipotong sekitar beberapa minggu sekali, bisa 10 hari sampai 2 minggu sekali.
  • Gigi perlu dibersihkan idealnya setiap hari atau dua hari sekali. Karena plak membutuhkan waktu sekitar 48-72 jam untuk mengeras dan berubah menjadi karang gigi yang hanya bisa dihilangkan oleh dokter hewan.

Perlengkapan Grooming

  1. Sisir/sikat dengan gigi jarang untuk merapikan bulu.
  2. Sisir/sikat dengan gigi yang lebih rapat untuk mengambil kotoran dan bulu rontok.
  3. Pemotong kuku.
  4. Sikat dan pasta gigi khusus kucing.
  5. Tick remover, semacam penjepit untuk mengambil kutu atau hewan kecil lainnya.
  6. Perlengkapan mandi seperti shampoo kucing, handuk, dan pengering (hair dryer/blower).
  7. Tisu basah khusus kucing, untuk keperluan membersihkan kucing sehari-hari.

Baca juga: Rekomendasi Alat Grooming Kucing

Langkah-langkah Grooming Bulu Kucing

Sebelum mulai biarkan kucing menjadi tenang dan rileks dahulu. Usahakan proses grooming secara keseluruhan menyenangkan bagimu dan bagi kucing.

Jangan paksa kucing yang sudah tidak betah atau memberontak, lepaskan dia lalu beri snack atau makanan. Nanti lama-lama dia terbiasa dengan grooming dan tahu sehabis grooming akan diberi hadiah.

  • Gunakan sisir bergigi jarang lebih dahulu, sisir dengan lembut dari kepala ke ekor mengikuti arah tumbuh alami bulunya. Jika ada bulu yang kusut sekali (membentuk simpul) uraikan menggunakan jari dengan lembut, jangan pakai sisir agar bulu tidak tertarik sehingga menyakiti kucing.
  • Gunakan sisir atau sikat berbulu rapat yang lembut untuk mengumpulkan bulu yang rontok/terlepas, kulit mati dan kotoran lainnya.
  • Bulu yang sangat kusut kadang perlu digunting karena tidak bisa diuraikan. Hati-hati sekali agar tidak melukai kucing saat melalukannya.
  • Terakhir sisir dengan sisir bergigi jarang untuk merapikan bulu.
  • Jangan lupa buang binatang dan kotoran yang menyangkut di bulu kucing seperti serangga kecil, serpihan daun, atau semacamnya. Kiranya lebih mudah dilakukan menggunakan alat tick remover.

Tick remover kucing

Tick Remover Set Murah

Cek di Shopee

Membersihkan Mata, Telinga, dan Hidung Kucing

Untuk mata saya hanya berani membersihkan kotoran yang ada di sekitar mata, dan menghindari menyentuh bola matanya. Gunakan kapas lembut yang dibasahi air lalu usapkan hati-hati di sekitar mata. Pakai kapas yang baru untuk setiap mata.

Kucing saya sering kotoran matanya kering menempel di bawah matanya, sehingga saya terpaksa melepasnya hati-hati menggunakan kuku jari saya. Saya bisa melakukannya karena kucing saya jinak sama saya.

Telinga pun saya hanya berani membersihkan sendiri kotoran di bagian luarnya menggunakan kapas basah (gunakan cairan pembersih khusus telinga kucing atau kalau tidak ada memakai air). Tidak berani membersihkan kotoran yang ada di bagian lebih dalam telinga kucing, takut salah.

Beberapa sumber menyarankan untuk meneteskan cairan pembersih atau minyak zaitun ke telinga kucing. Lalu pijat pangkal telinganya sebentar agar cairan masuk ke kuping.

Setelah itu kucing dibiarkan selama beberapa menit. Kalau beruntung ia akan menggeleng-gelengkan kepalanya sehingga kotoran keluar dari telinganya. Bersihkan kotoran itu menggunakan kapas.

Untuk hidung, kebetulan kucing saya kadang di sekitar hidungnya kotor kehitaman. Membersihkannya mirip sepeti membersihkan mata. Menggunakan kapas yang dibasahi untuk menyeka kotorannya.

Memandikan Kucing

Kucing perlu sesekali dimandikan untuk menjaga kebersihannya. Apalagi jika kucingmu outdoor yang suka guling-guling di tanah, nongkrong di genteng, atau berlarian di jalan yang becek.

Sebelum memandikan kucing saya akan menutup pintu dan jendela rumah, menyisir bulu kucing, lalu membawa kucing ke kamar mandi dan menutup pintunya. Ini perlu untuk mencegah kucing saya kabur sebelum proses mandi selesai, apalagi jika kaburnya ke luar rumah masih dalam keadaan basah. Daripada wastafel saya lebih suka menggunakan bak kecil yang dialasi dengan alas karet agar kucing tidak terpeleset.

Kucing saya masukkan ke bak, guyur perlahan dengan air hangat dan saya beri shampoo. Gunakan shampoo khusus kucing, jangan shampoo untuk anjing atau manusia karena dikhawatirkan bahannya beracun atau mengiritasi kucing. Bagian yang saya hindarkan dari shampoo adalah mulut, hidung, mata, dan telinga.

Kemudian bilas hingga bersih. Lalu saya keringkan kucing dengan handuk, baru kemudian dikeringkan menggunakan hair dryer atau blower jika ada. Pengeringan ini sampai bulu kucing benar-benar kering, kemudian disisir bulunya untuk merapikan.

Memotong Kuku dan Membersihkan Gigi Kucing

Dua hal ini, memotong kuku dan membersihkan gigi kucing malas saya lakukan sendiri. Karena bagi saya susahnya minta ampun. Maka yang saya tulis disini berdasarkan riset saja, bukan pengalaman, dan akan lebih baik jika kamu mendapat bimbingan dari yang sudah ahli.

Manfaat memotong kuku kucing diantaranya:

  • Agar lebih aman bagimu, furniture, dan hewan peliharaan lain.
  • Mencegah kuku tumbuh terlalu panjang sehingga mengganggu aktivitas kucing.

Jangan memotong bagian yang disebut quick, yaitu area kuku berwarna pink tempat saraf dan pembuluh darah berada. Potong hanya ujung kuku yang berwarna putih saja. Lebih memotong ujungnya sedikit sekali daripada tak sengaja salah memotong bagian quick.

Pangku kucing dengan nyaman, pegang salah satu jari kakinya, pijat dan tekan bantalan kaki hingga kuku memanjang. Setelah itu potong sedikit ujung kukunya. Jika kucing sudah tidak nyaman, hentikan, beri snack kemudian bisa dilanjut lagi.

Untuk menggosok gigi kucing, kamu bisa pangku kucingmu lalu buka bibirnya dan mulai menggosok giginya. Mulailah dengan gigi taring besar dahulu untuk membiasakan kucing. Jika kucing kok kayanya nyaman kamu bisa lanjut menggosok gigi-gigi yang lain.

Bagi yang tidak bisa menggosok sendiri gigi kucingnya seperti saya, bisa dibantu dengan memberi kucing snack khusus untuk perawatan gigi dan dental toy (mainan yang dikunyah-kunyah untuk membantu membersihkan gigi).

Muo Muo dental cat treat

Muo Muo Dental Cat Treat

Cek di Shopee

Dentalife dental cat treat

Dentalife Dental Cat Treat

Cek di Shopee

Dental cat toy

Shrimp Shaped Catnip Dental Cat Toy

Cek di Shopee

Penutup

Setelah kamu baca cara-cara grooming di atas mungkin terlihat mudah. Tapi percayalah kadang bisa susah dan melelahkan, maka kita harus sabar dan jangan emosi ke kucing.

Saat dimandikan kucing bisa berontak lalu lari berputar-putar di dalam kamar mandi. Jangankan menggosok giginya, membuka mulut kucing saja bisa sulit. Saat telinganya dirawat pun bisa berontak kepalanya gerak ke sana ke mari.

Itulah yang terjadi pada saya….

Karena itu saya lebih suka pasrah menggunakan jasa grooming paket lengkap. Sisir, mandi, bersihkan gigi-telinga-hidung-mata, dan potong kuku.
Lebih mahal dari cuma jasa mandi sih, saya kalau lagi ‘kaya’ saja order grooming paket lengkap. Sekalian saya berterima kasih pada kalian visitor blog ini, karena kunjungan kalian sangat membantu earning blog saya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *