Kucing American Curl

Kucing American Curl, Si Telinga Ikal Bertemperamen Manis

Kucing American Curl adalah kucing bertelinga ikal, yang telinganya melengkung ke belakang. Tidak semua kucing ini telinganya lengkung, namun semuanya berpenampilan sama cantiknya.

Sejarah Kucing American Curl

Sejarah kucing American Curl dimulai pada bulan Juni 1981. Waktu itu pasangan pecinta kucing Grace dan Joe Ruga di Lakewood, California, menerima dua ekor kucing yang telinganya melengkung ke belakang.

Kedua kucing itu adalah kucing domestik yang mengalami mutasi genetik alami sehingga telinganya melengkung. Sayangnya tidak lama kemudian salah satunya mati karena kecelakaan.

Kucing yang masih hidup adalah betina berbulu hitam panjang. Grace memberinya nama Shulamith, dari bahasa Ibrani yang artinya hitam dan cantik. Nama itu diambil dari nama seorang puteri di kitab Perjanjian Lama.

Awalnya pasangan Ruga tidak begitu memperhatikan telinga Shulamith yang lain daripada yang lain. Mereka mengira hal itu umum dan ada banyak kucing dengan telinga melengkung ke belakang. Keduanya pun mencari informasi di perpustakaan dan toko buku setempat, tapi tidak menemukan ras kucing seperti Shulamith.

Pada Desember 1981 Shulamith melahirkan 4 ekor anak yang keduanya bertelinga ikal seperti induknya. Pejantannya adalah kucing longhair bernama Mr Grey yang telinganya normal.

Ternyata gen Shulamith yang lebih dominan. Shulamith kemudian terus melahirkan anak kucing lain yang telinganya seperti dirinya.

Keturunan Shulamith ada yang berbulu pendek dan ada yang panjang, mempunyai warna dan pola bulu yang beragam. Grace dan Joe memberikan anak kucing ke teman dan keluarga mereka. Termasuk pada Esther Brimlow, saudari Grace, yang diberi dua ekor anak Shulamith.

Nancy Kiester, mantan breeder Australian Shepherd, melihat kedua anak kucing itu saat berkunjung. Dia langsung suka pada temperamen dan telinganya yang unik. Kedua kitten itupun diberikan padanya.

Setelah membaca artikel tentang Scottish Fold, kucing yang telinganya melengkung ke depan, Nancy menyadari bahwa kedua kucing barunya mungkin ras yang sama sekali baru. Ia lalu menunjukkan kucingnya kepada juri kucing yang sekaligus breeder Scottish Fold, Jean Grimm.

Grimm memberitahu kalau kucing Nancy dengan telinganya yang unik itu tidak dikenal di kalangan cat fancy. Nancy menghubungi pasangan Ruga dan menyampaikan berita gembira ini. Ia juga menawarkan dukungan dan pengetahuannya tentang breeding untuk membantu mengembangkan ras baru.

Program pengembangbiakan dimulai pada tahun 1983. Grace dan Nancy bekerja sama untuk mempromosikan ras kucing baru yang mereka beri nama American Curl. Dengan bantuan dan saran dari Grimm, Nancy dan Grace menulis standar breed pertama dan menciptakan program breeding.

Mereka pertama kali memamerkan American Curl pada Oktober 1983 di show CFA di Palm Springs, California dan diterima dengan baik. Pada tahun 1986 kucing American Curl diakui oleh CFA dan CFF, dan diterima sebagai kejuaraan oleh TICA, salah satu pendaftar kucing terbesar di Amerika Utara.

Dalam waktu yang relatif singkat, hanya 6 tahun, semua asosiasi kucing Amerika Utara menerima American Curl. Meskipun pada awalnya beberapa asosiasi kucing hanya menerima yang longhair karena Shulamith, cikal bakal ras ini, memiliki bulu panjang.

Karakter American Curl

Kucing American Curl longhair


Kasih sayangTinggi
KeramahanTinggi
Ramah terhadap anakYa
Ramah terhadap hewan peliharaan lainYa
Suka bermainYa
Energi/AktivitasTinggi
KecerdasanTinggi
Kemampuan beradaptasiYa
Kecenderungan bersuaraRendah

American Curl bertemperamen manis. Ia bakal menyayangimu tanpa membuatmu merasa terganggu dengan tingkahnya untuk mencari perhatian.

Kucing ini dikenal suka dipangku dan suka menepuk serta menyentuh wajah pemiliknya. Mereka menyukai anak-anak. Serta suka bermain dan mudah dilatih permainan menangkap sesuatu.

Kucing American Curl cukup besar rasa ingin tahunya. Dia juga mampu membuka gagang pintu. Meski tidak seaktif kucing Siam atau Abisinia, tapi ia termasuk kucing yang energik dan lincah.

Ciri-ciri Kucing American Curl

Kucing American Curl shorthair


Berat3-5 kg
PanjangSedang
Warna mataAmber, aqua, biru, tembaga, hijau, emas, hazel, odd-eyed, oranye, dan kuning
BuluLonghair dan shorthair
Warna dan pola buluWarna bulunya putih, biru, hitam, krem, merah, coklat, lilac, perak, emas, tuttercream, dan brown. Sedangkan polanya solid, tortoiseshell, bicolor, tricolor/calico, tabby, ticking, smoke, shaded, dan point.
Harapan hidup12-16 tahun
Negara asalUSA

Saat lahir, telinga American Curl normal seperti kucing lainnya. Antara satu hingga tujuh hari kemudian telinganya mulai melengkung ke belakang.

Tingkat lengkungannya dapat berubah dalam waktu singkat, baru setelah mereka berusia antara empat hingga empat setengah bulan, lengkungannya menjadi permanen. Kucing yang dewasa pada usia 2 hingga 3 tahun ini mempunyai derajat lengkungan telinga antara 90 hingga 180 derajat. Namun telinganya yang ikal itu tidak mempengaruhi pendengaraannya.

Tapi tidak semua American Curl telinganya ikal. Ada juga yang bertelinga normal seperti kucing umumnya.

Kepala kucing American Curl berbentuk baji, seperti segitiga besar di pangkal dan meruncing di ujungnya. Bentuk matanya seperti kenari, lonjong di bagian atas dan bulat di bagian bawah. Warna matanya amber, aqua, biru, tembaga, hijau, emas, hazel, odd-eyed, oranye, dan kuning.

Panjang kaki sedang, proporsional dengan tubuhnya. Cakarnya berukuran sedang dan berbentuk bulat. Ekornya lebar di pangkal lalu meruncing, panjangnya kurang lebih sama dengan panjang tubuh.

Bulunya bertekstur halus, lembut seperti sutera. American Curl ada yang berbulu panjang dan ada yang berbulu pendek.

Warna bulunya putih, biru, hitam, krem, merah, coklat, lilac, perak, emas, tuttercream, dan brown. Sedangkan polanya solid, tortoiseshell, bicolor, tricolor/calico, tabby, ticking, smoke, shaded, dan point.

Bagaimana Cara Merawat Kucing Bertelinga Ikal Amerika?

American Curl umumnya sehat. Tetapi beberapa garis keturunan memiliki masalah dengan saluran telinga yang sempit, yang dapat menyebabkan infeksi telinga akibat penumpukan kotoran telinga.

Periksa telinganya seminggu sekali, jika kotor kamu bisa membersihkannya. Saat ke dokter hewan mintalah untuk diajari bagaimana cara membersihkan telinga kucing.

Bulunya, baik yang panjang maupun pendek, mudah dirawat. Penyikatan seminggu sekali kiranya sudah mencukupi.

Perawatan lain yang diperlukan adalah membersihkan giginya minimal seminggu sekali. Lalu beberapa minggu sekali potong kukunya.

Kucing ini sebaiknya dipelihara indoor. Demi keamanan dan kesehatannya. Kamu bisa sesekali mengajaknya bermain di luar ruangan, tapi jaga agar ia tidak terlepas dari halaman rumah.

Referensi:

  • Encyclopedia of Cat Breeds, J. Anne Helgren
  • https://cattime.com/cat-breeds/american-curl-cats/
  • https://www.hillspet.com/cat-care/cat-breeds/american-curl



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *