The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bau yang Tidak Disukai Kucing (Aroma Yang Dibenci Kucing)

Ada cukup banyak di internet artikel soal bau yang tidak disukai kucing. Di tulisan ini saya tidak hanya membahas bermacam bau yang dibenci kucing. Tapi saya juga menuliskan hasil percobaan dan riset singkat saya apakah aroma yang dibenci kucing di bawah ini benar-benar dibenci kucing.

Apa Saja Bau Yang Tidak Disukai Kucing?

#1 Buah Sitrus

Termasuk dalam buah sitrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit. Banyak yang mengatakan bahwa bau buah-buahan sitrus tidak disukai kucing.

Beberapa produk cat repellent (pengusir kucing) juga menggunakan bahan buah sitrus. Efek sampingnya kulit jeruk jika termakan oleh kucing dapat menyebabkan diare, muntah.

#2 Ikan Busuk

Ini menjadi bau yang tidak disukai kucing mungkin karena sangat mengganggu. Sama seperti manusia, kucing juga tidak menyukai bau ikan yang sudah busuk.

#3 Kucing Lain

Kucing tidak terlalu mempermasalahkan bau dari kucing yang sudah mereka kenal. Tapi bau kucing baru bisa tidak disukai olehnya. Karena kehadiran kucing lain bisa dianggap mengancam wilayahnya.

#4 Lada dan Kayu Manis

Aroma kuat dari lada dan kayu manis merupakan bau yang dibenci kucing. Kalau kayu manis tidak beracun bagi kucing tapi lada bisa membahayakan kucing.

#5 Lavender, Geranium, dan Ekaliptus

Lavender, geranium, dan ekaliptus mengeluarkan bau yang tidak disukai kucing. Namun ketiganya agak beracun bagi kucing. Jika tertelan dapat mengakibatkan mual, muntah, dermatitis (gatal), dan produksi air liur berlebih.

#6 Mint dan Gandapura

Mint dan gandapura juga termasuk aroma yang dibenci kucing. Kalau mint wajar sih kucing tidak suka karena bisa beracun bagi kucing.

#7 Pembersih Rumah Tangga

Kucing tidak menyukai bau pembersih rumah tangga termasuk sabun. Hal itu bagus karena berbagai produk pembersih beracun jika tertelan oleh kucing.

#8 Pinus

Sebagian produk pasir kucing wood pellet menggunakan bahan serbuk kayu pinus. Dari yang saya baca katanya justru pinus termasuk aroma yang dibenci kucing. Tapi saya kurang yakin karena tentu produsen wood pellet sudah meriset dan meguji coba produknya.

#9 Pisang

Dikatakan pisang tidak beracun jika termakan kucing, namun kucing tidak suka dengan baunya.

#10 Rosemari, Thyme, dan Rue

Ketiga penyedap masakan ini mempunyai bau yang dibenci kucing, baunya justru tidak sedap bagi kucing. Rosemari dan thyme biasanya tidak berbahaya bagi kucing. Tapi rue dapat menyebabkan reaksi negatif.

Kenyataan Tentang Bau Yang Tidak Disukai Kucing

Mengetahui apa saja bau yang tidak disukai kucing bermanfaat jika kamu ingin menjauhkan kucing dari area tertentu. Misalnya kamu bisa menaruh pisang di dekat sofa agar kucingmu tidak scratching di sofa. Atau menanam lavender di kebun agar kucing liar tidak lagi buang air di kebunmu.

Tapi apakah bau-bau di atas benar-benar ampuh untuk mengusir kucing? Menurut saya tidak selalu sih.

Kemungkinannya:

  1. Kucing sangat terganggu dengan baunya dan langsung menjauhi bau tersebut.
  2. Kucing tidak begitu suka dengan baunya, tapi tidak sampai membuatnya tidak nyaman.
  3. Kucing tidak terganggu dengan baunya.
  4. Reaksi setiap kucing bisa berbeda.

Saya ingat pernah meletakkan pisang di kamar yang sering dimasuki kucing saya. Apakah memang bau pisang termasuk aroma yang dibenci kucing?

Hasilnya kucing saya cuek saja, tetap keluar masuk seperti biasa. Pernah juga menaruh jeruk di meja yang terlarang bagi kucing saya, dan dia tetap saja melompat naik.

Di artikel ini seorang blogger yang suka berkebun bereksperimen tentang bau yang dibenci kucing dengan menanam rue, lavender, dan ternyata kucing-kucingnya tidak terpengaruh dengan baunya. Jadi bisa saja sebuah bau dibenci oleh sebagian kucing namun kucing lainnya cuek. Kalau kamu sendiri apa ada pengalaman dengan bau yang tidak disukai kucing ini?

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 234

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *