Bau yang tidak disukai kucing

Bau yang Tidak Disukai Kucing Benarkah Ada?

Ada cukup banyak di internet artikel soal bau yang tidak disukai kucing. Di tulisan ini saya tidak hanya membahas bau apa saja yang dibenci kucing. Tapi saya juga menuliskan hasil percobaan dan riset singkat saya apakah bau-bau di bawah ini benar-benar dibenci kucing.

#1 Buah Sitrus

Termasuk dalam buah sitrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit. Banyak yang mengatakan bahwa bau buah-buahan sitrus tidak disukai kucing.

Beberapa produk cat repellent (pengusir kucing) juga menggunakan bahan buah sitrus. Efek sampingnya kulit jeruk jika termakan oleh kucing dapat menyebabkan diare, muntah.

#2 Ikan Busuk

Sama seperti manusia, kucing juga tidak menyukai bau ikan yang sudah busuk.

#3 Kucing Lain

Kucing tidak terlalu mempermasalahkan bau dari kucing yang sudah mereka kenal. Tapi bau kucing baru bisa tidak disukai olehnya. Karena kehadiran kucing lain bisa dianggap mengancam wilayahnya.

#4 Lada dan Kayu Manis

Kucing tidak menyukai aroma kuat dari lada dan kayu manis. Kalau kayu manis tidak beracun bagi kucing tapi lada bisa membahayakan kucing.

#5 Lavender, Geranium, dan Ekaliptus

Lavender, geranium, dan ekaliptus mengeluarkan bau yang tidak disukai kucing. Namun ketiganya agak beracun bagi kucing. Jika tertelan dapat mengakibatkan mual, muntah, dermatitis (gatal), dan produksi air liur berlebih.

#6 Mint dan Gandapura

Bau mint dan gandapura juga tidak disukai kucing. Kalau mint wajar sih kucing tidak suka karena bisa beracun bagi kucing.

#7 Pembersih Rumah Tangga

Kucing tidak menyukai bau pembersih rumah tangga termasuk sabun. Hal itu bagus karena berbagai produk pembersih beracun jika tertelan oleh kucing.

#8 Pinus

Sebagian produk pasir kucing wood pellet menggunakan bahan serbuk kayu pinus. Dari yang saya baca katanya justru kucing tidak menyukai baunya. Tapi saya kurang yakin karena tentu produsen wood pellet sudah meriset dan meguji coba produknya.

#9 Pisang

Dikatakan pisang tidak beracun jika termakan kucing, namun kucing tidak suka dengan baunya.

#10 Rosemari, Thyme, dan Rue

Ketiga penyedap masakan ini baunya justru tidak sedap bagi kucing. Rosemari dan thyme biasanya tidak berbahaya bagi kucing. Tapi rue dapat menyebabkan reaksi negatif.

Mengetahui apa saja bau yang tidak disukai kucing bermanfaat jika kamu ingin menjauhkan kucing dari area tertentu. Misalnya kamu bisa menaruh pisang di dekat sofa agar kucingmu tidak scratching di sofa. Atau menanam lavender di kebun agar kucing liar tidak lagi buang air di kebunmu.

Tapi apakah bau-bau di atas benar-benar ampuh untuk mengusir kucing? Menurut saya tidak selalu sih.

Kemungkinannya:

  1. Kucing sangat terganggu dengan baunya dan langsung menjauhi bau tersebut.
  2. Kucing tidak begitu suka dengan baunya, tapi tidak sampai membuatnya tidak nyaman.
  3. Kucing tidak terganggu dengan baunya.

Saya ingat pernah meletakkan pisang di kamar yang sering dimasuki kucing saya. Hasilnya kucing saya cuek saja, tetap keluar masuk seperti biasa. Pernah juga menaruh jeruk di meja yang terlarang bagi kucing saya, dan dia tetap saja melompat naik.

Di artikel ini seorang blogger yang suka berkebun bereksperimen menanam rue, lavender, dan ternyata kucing-kucingnya tidak terpengaruh dengan baunya. Jadi bisa saja sebuah bau dibenci oleh sebagian kucing namun kucing lainnya cuek. Kalau kamu sendiri apa ada pengalaman dengan bau-bau yang dibenci kucing ini?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *