Cara melatih kucing bersalaman

3 Langkah Cara Melatih Kucing Bersalaman

Cara melatih kucing bersalaman cukup mudah dan sederhana langkah-langkahnya. Yang kamu perlukan adalah kesabaran dan pengulangan.

Memang kucing lebih susah dilatih dibanding anjing. Tapi tetap bisa dilatih kok, apalagi kucing juga binatang yang cerdas.

#1 Langkah pertama:

Tempatkan kucing di ruang yang tenang. Pilih waktu yang tepat dimana sedang kucing dalam keadaan kalem.

Siapkan snack yang disukai kucingmu. Fungsi snack adalah sebagai hadiah dan ini penting. Jika kucingmu tidak mau dengan snack yang kamu beri, terpaksa kamu harus beli merek atau jenis lain yang disukainya.

Duduk di depan kucing. Ucapkan kata perintah seperti shake, salaman, salim, atau apapun pilihanmu sambil menjulurkan tangan. Lalu sentuh kakinya dan beri dia snack.

Pemberian snack harus sesegera mungkin, dalam hitungan detik setelah kucing kamu perintah.

Lakukan sehari dua kali. Ulangi sehari atau lebih, tujuannya agar kucingmu terbiasa mengaitkan kata perintah dan juluran tangan dengan snack.

#2 Langkah kedua:

Ucapkan “salim” atau perintah lain sambil julurkan tanganmu. Lalu pegang kaki kucing, angkat dan genggam dan goncangkan pelan seperti kamu bersalaman dengan manusia. Beri snack.

Lakukan sehari dua kali. Ulangi terus sampai kucing mengangkat kakinya dengan sendirinya saat kamu julurkan tangan sambil mengucapkan kata perintah.

#3 Langkah ketiga:

Setelah itu untuk tetap membiasakan kucingmu, ajak dia sesekali bersalaman dan beri snack.

Mudah kan? Yang penting kamu sabar dan lakukan setiap sesi latihan singkat saja, karena rentang perhatian kucing termasuk pendek. Juga jangan paksa melanjutkan latihan jika kucingmu sudah nampak bosan.

Kalau kucingmu nurut saat diambil kakinya kamu bisa langsung melakukan langkah kedua. Kucing saya sendiri susah nurut, maka saya melakukan dulu langkah pertama.

Untuk waktu yang diperlukan sendiri bisa berbeda-beda. Ada kucing yang dalam 5 hari saja sudah bisa bersalaman, ada yang mungkin lebih singkat atau lebih lama.

Kamu juga bisa menggunakan clicker untuk melatih kucing bersalaman. Metode clicker training sudah saya tulis agak panjang di sini. Di tulisan itu saya juga membahas cara melatih kucing untuk high five, duduk diam, dan lain-lain.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *