Kucing memilih majikan

Apakah Kucing Memilih Majikan Atau Pemilik?

Apakah kucing memilih majikan atau pemiliknya? Apakah kucing punya kriteria tertentu untuk memutuskan suka atau tidak suka pada seseorang?

Menurut saya jawabannya iya. Ada kucing yang mau dipelihara karena kebutuhannya terpenuhi. Namun ada juga kucing yang memilih, menyayangi, dan setia pada manusia meski kebutuhannya kurang terpenuhi.

Jodoh Mempertemukan Manusia dan Kucing

Banyak orang yang tidak berencana memelihara kucing tapi akhirnya jatuh hati pada seekor kucing dan memeliharanya. Polanya adalah manusia dan kucing bertemu tanpa sengaja, lalu terjalin rasa suka.

Awal pertemuannya macam-macam, ada yang sering bertemu seekor kucing di jalan. Ada seekor kucing tiba-tiba suka main di rumahnya dan mungkin banyak lagi cerita yang senada.

Kadang kita menemukan kucing yang sering tidur di teras rumah. Atau seekor kucing akhir-akhir ini sering nangkring di pagar kita. Pertemuan demi pertemuan menumbuhkan kasih sayang, lalu si kucing menjadi bagian hidup kita, keluarga kita.

Kucing Datang Saat Hidup Kita Sedang Sulit

Kadang kucing didatangkan pada kita dengan maksud tertentu. Betapa banyak orang yang sedang terpuruk hidupnya, bertemu dengan seekor kucing dan bangkit lagi. Contoh yang populer adalah film dan buku berdasarkan kisah nyata berjudul A Street Cat Named Bob.

Ceritanya bagus, tentang seorang pemuda yang broken home, miskin, pekerjaannya tidak jelas, dan kecanduan narkoba. Tiba-tiba dia bertemu seekor kucing, dipeliharanya dan dinamai Bob. Dengan adanya Bob kemudian hidupnya berubah, dia sembuh dari kecanduan dan kehidupannya secara keseluruhan membaik.

Cerita nyata seperti itu banyak contohnya. Salah satunya saya yang ketika hidup saya sedang sulit, seekor kucing tiba-tiba hadir dan membuat hidup saya tak lagi kosong. Dulu kucing itu sering tidur di teras dan halaman rumah, hati saya jatuh padanya, kemudian sampai sekarang kami berteman akrab.

Jadi Apakah Kucing Bisa Memilih Atau Menolak Kita?

Ya, menurut saya. Kucing juga punya perasaan dan mungkin juga punya kriteria sendiri manusia seperti apa yang dia sukai.

Mungkin ada kucing yang menyukai manusia yang memberi makanan yang banyak. Kucing lain sukanya pada orang yang penyayang. Atau lebih memilih orang yang penyabar.

Saya sendiri tidak tahu kenapa kucing saya lebih memilih saya dibanding pemiliknya yang lama. Padahal bekas pemiliknya dulu lebih kaya dan tentu makanan, mainan, kandang, dll yang disediakan lebih bagus.

Namun tetap saja dia saat kabur pulangnya ke rumah saya yang miskin. Sering menemani saya duduk-duduk di teras di malam hari. Dan senang sekali saya ajak main dengan bola kertas yang sangat sederhana.

Kucing Pun Mempunyai Manusia Favorit

Ada kucing yang sayang pada semua anggota keluarga tanpa membedakan. Namun banyak kucing yang sayang pada keluarga kita, tapi di antaranya ada 1 orang yang paling dia sayangi.

Kucing juga seperti manusia, bisa punya seseorang yang dia favoritkan. Bedanya, kalau kucing terang-terangan menunjukkan pilihannya dan tidak khawatir ada yang cemburu atau dengki.

Tapi misalnya kamu tidak difavoritkan oleh kucing keluargamu, bukan berarti dia membencimu. Dia juga sayang padamu kok, cuma memang ada yang lebih dia sayangi lagi.

Sepertinya juga kucing bisa mempunyai beberapa manusia favorit sesuai dengan kebutuhannya. Kucing saya betah dibelai lama oleh istri saya, tapi jika saya yang membelai sebentar saja dia berdiri lalu pergi.

Namun kalau saya tidur dia suka menjilati rambut dan wajah saya. Sering juga ikut tidur di samping saya. Sebaliknya kucing saya cuek jika istri saya sedang tidur.

Kamu sendiri, bagaimana cerita pertemuanmu dengan kucingmu? Apakah kucingmu punya arti khusus di salah satu momen hidupmu? Di antara keluargamu siapakah yang difavoritkan oleh kucingmu?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *