Kenapa kucing takut air

7 Alasan Kenapa Kucing Takut Air

Sudah menjadi anggapan umum kalau kucing takut pada air. Sebetulnya tidak semuanya sih, ada beberapa jenis kucing yang justru menyukai air bahkan suka berenang. Misalnya Maine Coon, Abyssinian, Bengal, dan Turkish Van.

Sedangkan kebanyakan kucing lainnya tidak begitu suka air. Alasan kenapa kucing takut air bermacam-macam di antaranya adalah berikut ini.

Warisan Nenek Moyang

Banyak kebiasaan kucing peliharaan yang diwarisinya dari nenek moyang mereka, kucing liar. Termasuk kebiasaan terkait air dan itu tergantung pada alam habitat kucing.

Menurut situs Library of Congress, nenek moyang kucing domestik adalah Felis silvestris lybica (African Wildcat). Mereka hidup di Afrika Utara dan Asia Barat dengan habitat kering dan bergurun.

Wajar jika mereka tidak punya pengalaman dengan air seperti danau atau sungai besar. Maka kemampuan beradaptasi dengan air, seperti berenang, tidak mereka kembangkan.

Karena Kebiasaan

Dibanding anjing, kebiasaan kucing lebih sulit diubah atau dilatih. Kucing yang sejak kecilnya dekat dengan air akan lebih familiar dengan air. Kucing yang tidak pernah punya pengalaman dengan air, cenderung tidak menyukai interaksi dengan air.

Air Membuat Bulu Kucing Jadi Berat

Hal ini terjadi pada kucing longhair (berbulu panjang). Jika kucing berenang atau kehujanan air akan meresap di bulunya dan menambah berat bulunya itu.

Beratnya bulu membuat kucing jadi berkurang kelincahannya (bayangkan kamu berenang memakai pakaian lengkap). Akibatnya kucing merasa kurang aman, bagaimana coba kalau ada hewan lain menyerang sedangkan buat bergerak saja terasa berat.

Kucing Membersihkan Diri Dengan Grooming

Kebanyakan kucing tidak mengerti kenapa mereka harus mandi pakai air. Mereka punya metode sendiri untuk membersihkan diri, yaitu grooming.

Maka maklum kalau banyak kucing yang susah dimandikan. Ada yang mencakar dan menggigit, ada yang berusaha kabur saat dimandikan, ada yang terus-menerus berusaha menghindar saat diguyur air.

Kedinginan

Terutama pada kucing shorthair (berbulu pendek), air akan lebih mudah menembus bulu hingga menyentuh kulit. Sehingga suhu tubuhnya berkurang banyak dan membuat kucing tidak nyaman.

Kebanyakan kucing juga mempunyai bulu bagian dalam (undercoat) yang menyerap air. Jika kucing basah kuyup air yang terjebak di bulu bagian dalam sulit untuk dikeringkan dengan cepat. Meski kucing menggoyangkan badannya air yang tersisa masih cukup banyak dan bisa membahayakannya saat cuaca dingin.

Kucing Memiliki Lubang Telinga yang Dalam

Karenanya jika ada benda yang masuk ke telinga kucing, termasuk air, akan sulit untuk dikeluarkan. Kucing sangat menjaga telinganya agar tidak kemasukan air. Termasuk jenis kucing yang suka air dan suka berenang, mereka juga hati-hati dengan telinganya.

Trauma Dengan Air

Kucing yang benci air mungkin di masa lalunya pernah punya pengalaman buruk dengan air. Mungkin dia pernah disiram air saat mencuri lauk. Atau ada orang jahat marah pada kucing yang buang kotoran di halaman rumahnya, lalu menceburkan kucing ke ember berisi air berkali-kali.

Atau mungkin kucing pernah hanyut di selokan yang deras. Dengan sendirinya kucing akan membentuk perasaan benci pada air. Mungkin bisa sampai pada taraf sangat membenci.

Jadi…

Kesimpulan saya kebanyakan kucing sebenarnya tidak takut air, mereka hanya tidak menyukainya. Saya pernah baca kucing adalah perenang alami, tapi tidak lantas membuat mereka tiap hari harus bergaul dengan air.

Jika ada gunanya, kucing akan menghadapi air dengan baik. Misalnya saat banjir, saya yakin dia akan berenang jika itu satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri.



Comments

  1. Waaah baru tahu kalau kucing nggak takut air, soalnya setiap kali mandiin kucing dia ngamuk, pernah sih pasrah aja, karena meongnya udah basah kuyup kecebur got, saya mandiin pakai air dinginpun dia pasrah, setelahnya saya kasih handuk dan saya gendong sampai dia nggak menggigil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap